Apapun Itu Tetaplah Masa Lalu

Assalamu'alaikum.Wr.Wb.

Jumpa lagi dan apa kabar semuanya?
Semoga kita semua selalu dalam lindunganNYA.

Pertama saya ucapkan selamat pada NextWapblog, yang baru seumur jagung baru ditanam sudah mengadakan Kontes SEO 2016 yang bertema 'Berkarya Tanpa Batas Bersama Nextwapblog'. Dan hari ini, 15 November 2016 adalah hari penutupan
Semoga sukses juga deh untuk yang sudah berpartisipasi yaa.

Masa lalu dan kenangan, setiap orang pasti memiliki peristiwa yang telah berlalu, entah itu manis maupun pahit.
Kadang suatu saat kita ingin banget mengenangnya ya.

Kemarin saya membuka-buka catatan memori yang ada dalam benak saya.
Saya menemukan satu kalimat bijak yang entah dulu sumbernya dari mana;

'Jika anda tetap menoleh kebelakang, maka anda telah membakar jembatan yang akan membawa anda menuju masa depan'.
Oke....masa lalu memang tak harus dilupakan.
Tapi masa-masa indah di masa lalu tetaplah 'ada dimasa lalu'.
Begitu juga jika kita terus mengingat kepahitan masa lalu, hanya akan mengikat langkah kita untuk tetap berkubang disana.

Kita ibaratkan sebuah mobil yang punya kaca spion.
Kaca spion mobil sangat penting bagi pengemudi untuk melihat kebelakang, yakni jika akan berbelok atau menyalip agar tidak terjadi kecelakaan.
Hanya saja kalau penting kenapa spion di buat kecil?
Jika besar tentu saja akan mengganggu pengendara lain dong!

Yaa,,dalam hidup kita pun dibekali kaca spion untuk melihat ke belakang.
Lewat spion pengemudi tidak harus melihat ke belakang sampai ke ujung jalan.
Spion itu hanya untuk memastikan saja bahwa keadaan di belakang aman untuk berbelok atau menyalip.

Nah,,untuk melihat ke masa lalu pun kita tidak perlu sampai ke ujung harus kelihatan.
Yang penting kondisi yang tepat di belakang kita sebagai acuan, atau meyakinkan bahwa jalanan aman untuk kita melakukan sesuatu.

Sayangnya banyak diantara kita yang menggunakan kaca spion yang terlalu besar, dimana kita sering menengok terlalu jauh melihat kebelakang.
Padahal itu sama sekali tidak ada untungnya.

Sekarang kita liat kaca depan mobil, yang fungsinya juga melihat kedepan agar laju mobil tidak terlalu ke tengah atau ke pinnggir.
Kenapa tidak pasang teleskop sekalian untuk melihat kedepan, agar pengemudi bisa melihat kalau-kalau di depan jauh sana ada kecelakaan atau jalanan macet?

Hal ini juga yang sering terjadi pada kehidupan kita.
Saking takutnya kita pada masa lalu dan masa depan, akhirnya yang kita lakukan adalah sering menengok kebelakang, kemudian berusaha mencari tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Banyak kan yang lantas datang ke tukang ramal, juga orang pintar yang bisa meramalkan masa depan kita?
Apakah jika kita tahu ramalan kehidupan kita akan menjadi lebih baik?
Kebanyakan yang terjadi justru sebaliknya.
Mereka semakin tertekan, dan semakin tidak puas dengan kehidupanya.
Marah, jengkel, kecewa dan takut serta kekawatiran ahkirnya membelenggu kehidupanya.

Kesimpulanya
Meskipun kaca spion sangat penting, namun janganlah ukuranya melebihi standar agar kita tidak terlalu jauh melihat ke belakang.
Dan agar tidak menyesali apa yang terjadi di masa lalu, serta terus terbebani dengan kejadian yang telah usai.
Sedangkan kaca depan pun juga jangan dibuat terlalu besar, agar kita tidak terlalu kuatir dengan apa yang akan terjadi di masa mendatang.

Yang sebaiknya kita lakukan adalah cukup bersiap dengan strategi dan rencana.
Kita jalani saja, kita nikmati yang sedang terjadi, tak perlu khawatir, atau kemrungsung dengan masa depan, dan jangan pula terbebani dengan masa lalu.
Cukup bersiap saja menghadapi apa yang akan terjadi, kemudian segeralah ber aksi!
Aaarraigh?

Peristiwa manis masa lalu sungguh kenangan yang tak mungkin kita lupakan.
Tapi biar bagaimanapun itu tetap ada di masa lalu.
Begitu juga sebaliknya,menyesali kesedihan di masa lalu hanya akan megikat langkah kita menjadi takut untuk melangkah lagi.
Eh sssttt...kalau mahkluk masa lalu juga nggak mau pergi, ya sudah biarin saja tinggal dipojokan hati, asal ngga nyrimpeti langkah dan aktifitas kita looh.

Sampai disini, mohon maaf jika ada yang salah.
Terima kasih, dan semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.

Recent Posts

Comments

Responds for "Apapun Itu Tetaplah Masa Lalu"

Mayuf
15 Nov 2016 - 09:28

Apakah mahkluk masa lalu itu adalah mantan kita ya mba rini ?? grin hehe

fksyn
15 Nov 2016 - 10:04

hestek #gagalmuponberkepanjangan mbk? XD

Riniwp
15 Nov 2016 - 12:41

@Satria..bukan loe klo ga lebay..piss

@mayuf
ya diantaranya itu..

@fksyn
Bukan gagal tp ga niat kalee

Riniwp
15 Nov 2016 - 12:43

@Djeck
Po neh yen masalalunya nggondeli rok ya..nyrimpeti..

ANGGA CF
15 Nov 2016 - 15:07

Kerenn,,
kalo brkenan mampir sejenaklah di blog saya

Angka07
15 Nov 2016 - 15:36

Eak...
Masa lalu hanya boleh dilihat dan belajar bukan untuk kembali...
Ikut bijak sedikit gak papa...
Oh ya follback sukses...

Jaey Langkung
15 Nov 2016 - 15:41

Yups, yg sedang2 saja.. Tdk terlalu jauh menengok kebelakang ataupun kedepan, nikmati saja apa yg ada, siapa tau dgn begitu nikmat akan trs bertambah, tapi ga usah nambah2 entar berat badan naik smile

ROHMAT EKO WALUYO
15 Nov 2016 - 21:07

Tetap semangat selalu

salam

Untuk yang mau di follow silahkan mampir, follow dan berkomentar yah

terima kasih

wadud
16 Nov 2016 - 11:36

sangat terkesan dengan postingannya mbak, memang masa lalu tetaplah masa lalu, tp tak bleh di biarkan begitu saja. saya sangat suka dengan memberikan perbandingan kaca spion itu.
tapi yang sangat perlu kita ingat pengalaman (yang jelas masa lalu donk, kan g mungkin ada pengalaman di masa yang akan datang) merupakan guru yang paling baik. dan juga banyak orang2 dan organisasi yang sukses dengan belajar pada pengalaman serta kekurangan di masa lalu

Misbah Rajif I
16 Nov 2016 - 11:49

Aku duluan, spionku, pecah mak,,,

Misbah Rajif I
16 Nov 2016 - 11:49

Aku duluan, spionku, pecah mak,,,

Riniwp
16 Nov 2016 - 18:37

@ANGGA CF
Terima kasih..tunggu ya kesana pasti

@Angka07
Ya..to gak cm nulis n ngomong aja lohh

@Jaey Langkung
Iya..klo masukin ke mulut mesti dihitung trus dikunyah 36 x ya..haha

@RAHMAT EKO WALUYO
Trimakasih..saya pasti datang..

Riniwp
16 Nov 2016 - 18:46

@Zona Download Film
Waaalaah...beli ditukang liak ada kok..hshsha

@Blog NextWapBlog
Sudah masuk musium hehe

@wadud
Ya..kalau kita pintar mengambil hikmah dr berbagai peristiwa masa lalu maka akan menjelma menjadi pelecut, alarm, guru, penyemangat dll

@Misbah Rajif I
Awas looh kualat!!

@Jeni Show
Dirimu kebanyakan gizi kali ya hehe

Macan Rabiez
18 Nov 2016 - 02:34

Jadi inti dari postingan ini adalah, jadikan masa lalu sebagai pelajaran di masa kini dan dimasa yg akan datang, dan jangan sampai kita terjebak oleh masa lalu

4mrana
18 Nov 2016 - 18:12

tapi terkadang....
keindahan masa lalu dapat bersemi kembali..
disaat reuni....

ohh.....
masa lalu... :P

Fitriyanto
18 Nov 2016 - 19:55

kunjungan pertama
menarik artikelnya mbak.

follow sukses di tunggu follbacknya

Habieb Almadury
19 Nov 2016 - 21:48

Mengenang Masalalu adalah seperti halnya kita mengenang sejarah yang sudah terlewatkan. "JASMERAH" jangan sekali-kali melupakan sejarah,begitu juga masalalu.

Afan muzaki
23 Nov 2016 - 21:57

Kunjungan malam gan!ditunggu kunbalnya!

Miftahul ARif
25 Nov 2016 - 20:28

Masa lalu biarlah masa lalu...

Riniwp
26 Nov 2016 - 12:09

@Dunia Maya
Salam kenal kmbali,,yaa,,semua masa memang ada waktunya sendiri2..tks hadirnya


@Macan Rabiez
Betul banget jadikan masa lalu sebagai pelajaran di masa kini dan dimasa yg akan datang.

@4mrana
tapi terkadang....
keindahan masa lalu dapat bersemi kembali..
disaat reuni....
ohh.....
Klo bisa bersemi terus dong yaa

@Fitriyanto
Tks kunjunganya..insyaallah segera di follback ya


@Habieb Almadury
Ssya sgt setuju dg pandanganmu..
Mengenang Masalalu adalah seperti halnya kita mengenang sejarah yang sudah terlewatkan. "JASMERAH" jangan sekali-kali melupakan sejarah,begitu juga masalalu.Tks ya

Halo juga @Rio Agustya, hehe..buruan daftar di NWB dunk!.
yaa,,semua masa mestinya kita kenang kita jalani dan kita lihat sesuai porsinya saja..makasih ya

@Aripin Gupta
Hmmm..entahlah..

@Afan muzaki
makasih ya

@Miftahul ARif
Emang..
Masa lalu biarlah jadi masa lalu..

New comments are closed because the post has been more than 14 days.

Navigation

Category

Powered by NextWapBlog.com